Pernah gak saat servis ke bengkel resmi motor honda (AHASS) dengan keluhan motor anda berebet kemudian anda diberitahu bahwa fuel pump motor anda tidak berfungsi normal alias rusak?
Fungsi Fuel Pump
Pada dasarnya fuel pump berperan sebagai penyuplai bahan bakar yang mengontrol sistem injeksi atau karburator. Kendaraan awal biasanya menggunakan pompa bahan bakar mekanis untuk mengalirkan bahan bakar kendaraan bertekanan rendah ke karburator.
Sementara itu, sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi biasanya menggunakan pompa bahan bakar elektrik untuk menciptakan tekanan lebih agar mesin bekerja lebih efisien. Sistem injeksi bahan bakar memang lebih irit dibandingkan dengan sistem bahan bakar berupa karburator.
Artinya tanpa pompa bahan bakar kendaraan, bahan bakar tidak mengalir secara alami ke dalam karburator atau nosel dengan sendirinya. Selain itu, fungsi lain dari fuel pump adalah menjaga agar tekanan bahan bakar tetap stabil dan konstan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis pompa bahan bakar yaitu mekanik dan elektrik. Pompa bahan bakar mekanis jenis ini biasa digunakan pada sepeda motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar tradisional atau karburator. Pompa bahan bakar jenis elektrik terdapat pada kendaraan yang menggunakan sistem injeksi.
Gejala Motor Pompa Bahan Bakar Injeksi Rusak
Berikut ini beberapa gejala motor pompa bahan bakar mati :
Sepeda Motor Susah Dihidupkan
Jika anda menstarter motor anda tapi starter biasa pun sulit di hidupkan, anda harus curiga kemungkinan bahan bakarnya pompa akan gagal. Untuk memastikan fuel pump masih bekerja atau tidak mudah, Anda bisa mendengarkan dengungan tangki bahan bakar.
Jika ada dengungan atau bunyi atau bunyi sangat pelan segera setelah kontak, ini pertanda pompa bahan bakar lemah. Sebagai perbandingan, pompa bahan bakar dalam kondisi baik berdengung keras setelah kunci kontak dihidupkan.
Lampu injeksi berkedip
Jika lampu check engine berkedip, jelas menunjukkan bahwa ada masalah pada mesin. Namun pompa bahan bakar yang rusak tidak selalu ditunjukkan dengan lampu malfungsi (jarak tempuh) yang berkedip di dasbor. MIL
adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan mesin pada sistem injeksi. Indikator jarak tempuh terletak di sisi oranye speedometer sepeda motor. Jika ada masalah pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu Mile akan menyala dan berkedip.
Saat sakelar pengapian berada pada posisi satu mil, sakelar akan menyala sekitar 0,3 detik dan kemudian padam lagi. Saat Lampu Mile Up menyala, ECM mendeteksi apakah sistem sensor rusak atau tidak. Jika tidak ada cacat, mil mati.
Tentu saja, jika lampu ini berkedip dan disertai dengan salah satu gejala di atas, maka pompa bahan bakar sepeda motor Anda perlu diganti. Mengganti pompa bahan bakar ini membutuhkan pelepasan beberapa baut dan tutup bahan bakar. Jenis-jenis pompa bahan bakar
menurut cara kerjanya Selain fungsi pompa bahan bakar
yang berbeda-beda, komponen ini dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari jenis kendaraan menurut prinsip pengoperasiannya.
Pertama adalah pompa bahan bakar mekanis. Pompa bahan bakar ini digerakkan oleh putaran motor sabuk. Misalnya hanya pada mesin diesel. Jika mobil memiliki pompa bahan bakar mekanis, ia bekerja dengan mekanisme poros bubungan yang terletak di kepala silinder.
Yang kedua adalah pompa bahan bakar elektrik. Pompa bahan bakar ini menggunakan motor listrik untuk menggerakkan mesin.
Untuk tipe ini terbagi menjadi beberapa tipe, antara lain model yang menggunakan platina film dan model yang biasa terdapat pada mobil injeksi. Pengoperasian pompa bahan bakar
Prinsip pengoperasian pompa bahan bakar
, baik mekanis maupun elektrik, adalah menarik bahan bakar dari tangki dan kemudian mengarahkannya ke sistem bahan bakar, baik injektor maupun karburator. Pada pompa bahan bakar mekanis mesin diesel, pengoperasian pompa ini biasanya dikontrol oleh kecepatan mesin yang digerakkan sabuk. Jika pompa bahan bakar dipasang pada mobil bermesin bensin, maka pergerakan pompa bahan bakar dikontrol langsung oleh mekanisme poros bubungan (cam engine) yang terletak di kepala silinder.
Karena cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana. Pompa bahan bakar terdiri dari diafragma karet yang diapit di antara dua bagian, ditekan dengan lengan camshaft elektrik yang dirancang sebagai lengan pompa. Sedangkan untuk electric fuel pump bekerja dengan motor listrik dan digerakkan oleh listrik yang masuk ke motor listrik di dalam fuel pump. Karena terletak di dekat atau di dalam tangki bahan bakar, ini memudahkan untuk menjaga ketinggian bahan bakar dan juga dapat digunakan untuk mendinginkan pompa. Pompa bahan bakar elektrik sudah menjadi bagian dari sistem elektronik, sehingga pengontrolannya dilakukan oleh komputer yang mengatur rasio bahan bakar udara, posisi tuas akselerator, dan konsentrasi gas buang.
Keuntungan dari pompa bahan bakar jenis ini adalah dapat digunakan untuk menggantikan camshaft gas berundak. Pompa bahan bakar elektrik sendiri juga terdiri dari beberapa jenis yang menggunakan platina foil dan pompa bahan bakar elektrik yang sering digunakan pada mesin injeksi.
Tentu saja, masalah dapat terjadi pada komponen mobil apa pun, tidak terkecuali pompa bahan bakar. Oleh karena itu, agar pompa bahan bakar tahan lama, harus dirawat dengan bahan bakar berkualitas tinggi. Dan menjaga kebersihan tangki bahan bakar. Juga, jangan pernah membiarkan tangki bensin Anda benar-benar kosong.
Demikian sedikit pembahasan tentang belajar cara kerja pompa bensin. Semoga pembahasan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada kita semua dan terima kasih telah menyimak ulasan kami. Jika Anda merasa ulasan kami bermanfaat, silakan bagikan
0 Comments