Penjelasan singkat kampas ganda (kampas kopling) pada sepeda motor matic




Fungsi Kampas ganda Mengutip fungsi bantalan ganda untuk sepeda matic dikutip dari website Astra Honda: 

1. Transmisi tenaga Fungsi bantalan ganda adalah untuk mendistribusikan dan memutus torsi mesin dari depan.

 Ia bergerak mundur menggunakan gaya sentrifugal yang berpusat di sekitar CVT.

 Ini berfungsi seperti bantalan kopling pada moped, memungkinkannya mentransfer tenaga dan menggerakkan sepeda.

 2. Penentuan akselerasi Fungsi lainnya adalah penentuan akselerasi dan kenyamanan berkendara.

 Saat double liner habis, mesin hanya akan menggeram tanpa menghasilkan tenaga apa pun.

 Pada kecepatan tinggi,  gaya sentrifugal pada lapisan ganda mendorong rumah kopling lebih tinggi.

 3. Kontrol Transmisi Bantalan ganda pada sepeda matic  meningkatkan pengendalian saat  perpindahan gigi sekaligus melindungi transmisi dari kerusakan akibat perpindahan gigi yang tidak tepat.

 

Cara kerja Kampas ganda Sistem layar ganda dapat dibagi menjadi tiga bagian.

 Penjelasan berikut diambil dari beranda Suzuki.

 1. Saat menstarter mesin Saat menstarter sepeda motor, kopling primer tidak aktif dan transmisi tetap netral sehingga tidak langsung start.

Kinerja lapisan kopling primer memanfaatkan gaya sentrifugal.

Karena bentuknya yang seperti drum, ia menjauhi sumbu putarannya, sehingga gayanya tidak terlalu kendor.

Oleh karena itu, ketika gigi muncul, Anda hampir tidak merasakan guncangan apa pun. Hal ini disebabkan karena rumah kopling dan kopling primer tidak berputar.

 2. Saat mesin dimatikan Saat mesin dimatikan, lapisan kopling primer menempel pada rumah kopling.

 Kopling sekunder dihubungkan ke rumah kopling dan terputus ketika tuas pemindah gigi ditekan.

 3. Ketika gas ditarik Kemudian, ketika gas ditarik, layar ganda tersebut dikenai gaya maksimum.

 Saat Anda berakselerasi, kecepatan mesin juga meningkat.

Hal ini juga meningkatkan gaya sentrifugal pada kopling primer sehingga menyebabkannya melebar dan menyambung ke rumah kopling.

Putaran mesin  disalurkan  ke kopling sekunder melalui lapisan kopling primer, memastikan putaran roda.

Keausan Kampas Ganda  Fitur Kain ganda mempunyai fungsi yang penting sehingga perlu diketahui kapan harus menggantinya.


Berdasarkan website Asuransi Astra, gejala berikut menunjukkan bahwa kampas ganda sudah aus dan perlu diganti.

 1. Tarikan terasa berat.

 Ketika fairing ganda  mulai aus, sepeda motor menjadi sulit ditarik saat membawa muatan.

 Pada tipikal sepeda matic, tampilan layar ganda  hanya membutuhkan waktu 10 detik pada kecepatan 120 km/jam.

 2. Gas terasa Brebet.

 Saat saya mendorong sepeda, tuas dan kecepatan tidak sinkron karena bantalan ganda aus, dan saya mendengar suara berat yang  tidak sesuai dengan tarikan throttle.

 3. Kopling sering selip Lapisan ganda yang bermasalah menyebabkan kopling sering selip terutama saat akselerasi sepeda motor  atau menanjak terjal.

 4. Kecepatan tiba-tiba bertambah Jika kecepatan tiba-tiba bertambah tetapi akselerasinya lemah, penyebabnya mungkin permukaan jalan ganda yang licin.

 Misalnya, jika kecepatan Anda 50 km/jam, idealnya Anda menginginkan putaran 5.000 rpm.

 Namun jika bantalannya aus,  mesin harus bekerja pada 8.000 rpm.

 5. Kickstarter Hilang Jika kickstarter terasa macet saat ditekan, bisa jadi bantalan sepeda motor  mulai aus.

 

Penyebab cepatnya keausan bantalan ganda.

 Berikut  beberapa penyebabnya: 

1. Sering Berkendara Menanjak Sering berkendara menanjak dan menurun pada sepeda motor bertransmisi otomatis akan mempercepat keausan perkerasan.

 Saat berkendara menanjak, kanvas akan bergesekan dan menusuk permukaan lari, sehingga menghabiskan separuh kanvas.

 2. Sering membawa beban berat Hal ini juga dapat terjadi karena sepeda motor  sering digunakan  membawa beban berat melebihi daya tampung beban yang dianjurkan.

 Hal ini membuat V-belt menjadi lebih berat, membuat lapisan V-belt menjadi aus, dan menyebabkan V-belt cepat putus.

 3. Sering berkendara di tengah kemacetan Sering menginjak pedal gas pada saat menghentikan sepeda motor  menyebabkan bantalan bergesekan dengan rumah komponen dan menahan  ban sepeda motor pada tempatnya sehingga tidak dapat bergerak, bantalan ganda akan lebih cepat aus.

  Hal ini terjadi, misalnya, ketika berkendara di tengah kemacetan.

 Oleh karena itu, jika perlu berhenti di tanjakan, lebih baik injak rem.

 

Ini penjelasan mengenai kampas Ganda. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments